quickedit{ display:none;

Laman

http://koncoinfo.blogspot.com

Senin, 25 Februari 2013

MENGATASI PENYAKIT DENGAN WORTEL DAN JENIS-JENIS WORTEL




kita pasti uda gak asing lagi denga wortel.  Sayuran yang memiliki nama latin daucus carota punya banyak kandungan zat yang berguna bagi kesehatan.  Di Indonesia wortel merupakan salah satu jenis sayuran popular yang dapat diolah menjadi beraneka jenis makanan,  seperti: cap cay, sop,bakwan, muffin wortel.
Jenis wortel pun bermacam-macam dengan khasiat masing-masing.  Berikut jenis-jeis wortel tersebut :




                Yang kita ketahui wortel berwarna orange dengan rasa yang manis.  Wortel jenis ini mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI.  Sementara komposisi kandungan unsure yang lainnya adalah kalori sebesar 42 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, Vitamin B 10,06 miligram, dan Vitamin C 6 miligram.  Komposisi diatas diukur per 100 gram.


                Namun ada juga wortel UNGU diyakini sebagai antioksidan dan mampu memerangi radikal bebas karena kandungan pigmen anthocyacanin, beta dan alpha karoten.  Wortel yang biasa tumbuh di Afghanistan,  Turki hingga kawasan Timur Tengah ini bermanfaat untuk menangkal serangan jantung dan stroke.






Sementara wortel putih , tanaman asli Eropa.  Wortel putih memang  nggak memiliki pigmen warna, namun kandungan seratnya dipercaya membuat stamina terjaga. 







  Kandungan lycopene,  beta karoten, dan Vitamin A aktifnya dipercaya mampu menanggulangi gejala kanker prostat.  Wortel merah banyak ditemui di India , Jepang dan Cina.










Selanjutnya wortel KUNING yang kaya dengan xanthophylis dan lutein.  Kandungan tersebut dipercaya mampu menyehatkan indra penglihatan dan mencegah kanker. 
Berikut beberapa tips untuk mengobati bebagai macam penykit dengan wortel.








                Pandangan mata berkurang atau minus dapat diatasi dengan megkonsumsi wortel secara rutin.  Anda bisa memakan langsung wortel atau diparut dan diperas untuk diambil airnya.  Sebaiknya air wortel tersebut diminum setiap pagi hari secara tertur.

Untuk mengatasi penyakit ini siapkan wortel, 2 aendok madu, dan 1 potong gula aren.  Parutlah wortel dan peras dengan 2 gelas air.  Kemudian campur hasil perasannya dengan madu dan gula aren, aduk sampai merata.  Untuk hasil maksimal, konsumsi sekali sehari.

                Cacing kremi banyak menghinggapi anak-anak.  Namun nggak menutup kemungkinan menjangkiti orang dewasa yang nggak menjaga kebersihan tubuhnya.  Untuk membasmi cacing kremi gunakanlah 5-7 buah wortel, garam dan santan kelapa secukupnya.  Caranya cukup parut wortel, kemudian campurkan dengan bahan lainnya.  Jika sudah merata peras atau saring dan kemudian diminum.  Baiknya dikonsumsi menjelang tidur malam.

                Eksim memeng sangat mengganggu.  Selain rasa nya yang gatal dan perih juga dapat mengganggu aktifitas diluar.  Untuk mengatasinya, gunakan satu umbi wortel dan satu sendok the kapur sirih.  Perut wortel dan campurlah dengan kapur sirih sampai merata.  Jika sudah merata tempelkan pada bagian yang sakit dan tutup dengan kain atau perban.  Sementara untuk pengobatan dari dalam, parutlah 3 buah wortel dan seduh dengan 2 gelas air masak.  Minum 2 kali sehari.











Tidak ada komentar: