quickedit{ display:none;

Laman

http://koncoinfo.blogspot.com

Kamis, 21 Maret 2013

Mengatasi kerusakan pada komputer





Trouble shooting computer

1.       Proses Booting lambat

Masalah :

Komputer bisa booting dan masuk system operasi, tetapi proses booting sangat lambat.

Solusi :

Biasanya proses booting lama diakibatkan oleh pemakaian RAM.

Lihat langkah-langkah berikut.

-          Jika anda sudah masuk ke windows, tutup semua aplikasi  yang sedang aktif pada computer.

-          Klik tombol start lalu ketik run pada kolom pencarian atau tekan  tombol windows + R

-          Kemudian ketik  “MSCONFIG” pada kotak open lalu enter.

-          Klik tab starup pada kotak tersebut. Tanda – tanda centang pada kotak tersebut merupakan daftar program-program yang aktif sejak windows pertama kali di jalankan. Jika terdapat tanda centang yang cukup banyak, maka hilangkanlah beberapa yang menurut anda tidak penting.

-          Lalu tekan apply dan OK. Dan kli YES pada konfirmasi untuk merestart system anda.


2.       Booting selalu safe mode

Masalah:

Pada saat komputer  booting tiba-tiba SO Windows menyarankan agar menggunakan safe mode.  Setelah di pilih safe mode, ternyata Komputer  tidak beroperasi sebagai mana mestinya. Tidak bisa menampilkan full color, tidak bisa mencetak bahkan ada driver tidak dapat aktif pada mode ini.


Solusi :

Jika masuk pada system safe mode, berarti ada yang tidak beres pada system komputernya. Hal tersebut  bisa disebabkan karena beberapa hal seperti hilangnya file system, driver dan
file penting lainnya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

-          Restart kembali computer anda dan di haruskan untuk menggunakan  normal mode.  Jika terdapat kesalahan system, biasanya windows akan memberikan beberapa pertanyaan error tersebut. Anda dapat memcatat dan mengkonsultasikan pada pihak Mikrosoft. Atau kunjungi  website http://support.microsoft.com/support

-          Langkah ke dua mungkin anda harus menginstal ulang system Operasi nya. Pastikan data anda sudah di back up.

-          Jika dengan instal ulang ternyata masih masuk ke safe mode.  Kemungkinan yang menyebabkan nya adalah kerusakan di bagian dalam Hard disk.  Untuk memeriksanya, masuk ke safe mode dan lakukan scan disk dulu harddisk anda. Kemudian klik start menu programs, accessories, system tools dan pilih scan disk.

-           

3.       Masalah ketika menjalankan Komputer

Komputer sering Hang

Komputer bisa booting dengan baik. Tetapi ketika computer di pakai untuk bekerja, Komputer seringkali mengalami hang, macet tiba-tiba, mouse tidak dapat di gerakkan dan bahkan blue screen. Sehinggap data sering hilang karena lupa untuk menyimpannya.  Biasanya yang menyebabkan Komputer sering hang  karena software mengalami crash dan hang yang disebabkan karena hardware yang mengalami crash. Jika software yang mengalami crash, coba lihat langkah berikut.



Solusinya:

-          Tekan kombinasi tombol [ctrl]+[shift]+[Esc] secara bersamaan.  Maka akan munul kotak dialog, menerangkan program yang sedang berjalan.  Dan jika terdapat keterangan ‘not responding’ , program itulah yang mengakibatkan  Komputer hang.

-          Klik pada program yang hang tersebut, kemudian klik “end task” untuk mematikan program tersebut.

-          Jika Komputer masih hang, maka restart lah Komputer anda.




Tidak ada komentar: